Shinta Ayu Megawati, 145020036 (2018) PENGARUH INSTAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan materi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kelas XI Ips 1 Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa sunda.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS 1 di SMA Pasundan 2 Bandung yang beralamat di Jl. Cihampelas No. 167, Cipaganti, Coblong, Bandung, Jawa barat 40131, dengan judul penelitian Pengaruh Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI IPS 1 Di SMA Pasundan 2 Bandung (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan materi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Tahun Ajaran 2017/2018). Rumusan masalah penelitian ini adalah pertama bagaimana Pengaruh Instagram pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 2 Bandung. Kedua bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 2 Bandung. Ketiga bagaimana pengaruh media sosial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 2 Bandung, hipotesis penelitian berbunyi: “Terdapat Pengaruh Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Materi Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 2 Bandung”. Untuk membahas perumusan masalah tersebut, penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengolahan data yang diperoleh angka R sebesar 0.229. Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan antara Instagram terhadap hasil belajar. Kontribusi yang diberikan oleh variabel Instagram apabila dilihat dari R Square sangatlah kecil. Berdasarkan tabel di atas diperoleh R Square 0,052 yang berarti pengaruh Instagram sebesar 5,2% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di dalam maupun di luar diri siswa dan lingkungan belajarnya. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada SMA Pasundan 2 Bandung agar para guru mampu mengawasi dan mengarahkan siswanya menggunakan Instagram dengan baik serta menegur siswa yang menggunakan Instagram pada saat proses belajar mengajar. Guru juga harus mampu mengemas setiap materi pembelajaran agar lebih menarik dan komunikatif untuk siswa agar dapat mengurangi intensitas penggunaan Instagram. Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi, Media Sosial Instagram.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Oct 2018 06:19 |
Last Modified: | 06 Oct 2018 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37782 |
Actions (login required)
View Item |