ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS UAP (PLTGU) MENGGUNAKAN METODE MULTI CRITERIA DECISION MAKING (Studi Kasus di PT. Indonesia Power UBP. PLTGU PRIOK)

WISNU RAMDHANI, NPM : 138030012 (2018) ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS UAP (PLTGU) MENGGUNAKAN METODE MULTI CRITERIA DECISION MAKING (Studi Kasus di PT. Indonesia Power UBP. PLTGU PRIOK). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal (Wisnu R Maulana)-OK.docx

Download (71kB)

Abstract

Sistem tenaga listrik terdiri atas pembangkitan, penyaluran dan distribusi. Salah satu jenis pembangkit adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Komponen – komponen utama dalam PLTU adalah ketel uap, turbin uap, kondenser dan generator sinkron. Siklus rankine digunakan untuk PLTU secara teoritis. PLTU biasanya digunakan untuk menangani beban dasar, karena waktu penyalaan yang lama sekitar 6 – 8 jam. Dalam pembangkitan, biaya operasi terbesar adalah biaya konsumsi bahan bakar. Harga bahan bakar minyak yang mahal mengakibatkan biaya produksi energi listrik juga mahal. Konsumsi spesifik bahan bakar sering digunakan untuk mendapatkan gambaran mengenai efisiensi unit pembangkit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui konsumsi spesifik bahan bakar. Pada tugas akhit ini, pemodelan sistem menggunakan metode least square untuk analisa. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan pergantian bahan bakar utama pembangkit. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh penambahan daya yang dibangkitkan (beban) mengakibatkan kenaikan laju aliran massa, penurunan konsumsi spesifik bahan bakar, penurunan tara kalor, dan kenaikan efisiensi termal. Laju aliran massa HSD adalah yang terkecil, sedangkan batubara adalah yang terbesar. Selain itu, penambahan daya yang dibangkitkan menyebabkan besarnya biaya penghematan semakin besar. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui, memodelkan, dan menganalisis pengaruh penambahan bebanterhadap laju aliran massa, konsumsi spesifik bahan bakar, heat rate (tara kalor), dan efisiensi termal pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), dan membandingkan prakiraan biaya penghematan bahan bakar LNG dan batubara terhadap bahan bakar minyak HSD dan MFO sebagai bahan bakar utama PLTU.Penelitian ini menggunakan menggunakan program bantu ChemicalLogic SteamTab Companion gunamenentukan besarnya nilai entalpi. Dari hasil penelitian ini diharapkan sekolah dapat terus meningkatkan kualitas para guru, sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas para lulusan. Kata kunci : PLTU, siklus rankine, konsumsi spesifik bahan bakar, efisiensi termal,least square, biaya penghematan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:21
Last Modified: 05 Oct 2018 08:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37538

Actions (login required)

View Item View Item