PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA FILM YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII SMP LANGLANGBUANA 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MIA AULIANUR RAHMAN, 145030084 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA FILM YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII SMP LANGLANGBUANA 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam membaca memperoleh nilai yang kurang baik dalam penelitian yang dilakukan oleh PISA di tahun 2014. Saat ini banyak peserta didik yang lebih tertarik dengan beragam hal yang bersifat mudah dan cepat. Dengan keadaan yang seperti itu maka tidak sedikit dari peserta didik yang melupakan kegiatan membaca karena dianggap lama dan membosankan. Dari permasalahan tersebut penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian terhadap peserta didik pada kelas VII SMP Langlangbuana 1 Bandung. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode penelitian true experiment dengan pengumpulan sample secara purposive sampling. Metode penelitian ini memungkinkan adanya dua kelas yang digunakan dan dibandingkan dalam penelitian yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perolehan hasil nilai rata-rata pretes yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen ialah sebesar 37,5 dan nilai rata-rata postes yang diperoleh ialah sebesar 89,5 dan meningkat sebanyak 52%. Ketuntasan yang diperoleh pada kelas eksperimen sebanyak 20 peserta didik tuntas namun pada kelas kontrol tuntas hanya ada 2 peserta didik. Model quantum teaching yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model MASTER. Kelas eksperimen memperoleh nilai thitung sebesar 16,09 dan nilai ttabel sebesar 14,78, dengan nilai 16,09 > 14,78 atau nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel maka hipotesis dapat diterima. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai thitung sebesar 3,57 dan nilai ttabel sebesar 14,78, nilai ttabel lebih kecil dibandingkan nilai ttabel 3,57 > 14,78 maka hipotesis ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya film yang dibaca dengan menggunakan model quantum teaching telah terlaksana dengan baik. Kata kunci: pembelajaran, mengidentifikasi, informasi, teks ulasan film, model quantum teaching

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2018 06:38
Last Modified: 05 Oct 2018 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37510

Actions (login required)

View Item View Item