ELSA OKTARIA UTAMI, 145030040 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS MOSI DALAM DEBAT MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa inggris.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
bab ii.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
bab iii.pdf Download (525kB) | Preview |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 menganalisis mosi dalam debat merupakan keterampilan menyimak. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis mosi dalam debat menggunakan metode Inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis mosi dalam debat dengan menggunakan metode Inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung?; 2) Apakah siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung mampu menganalisis mosi dalam debat menggunakan metode Inkuiri?; 3) Efektifkah metode Inkuiri digunakan dalam pembelajaran menganalisis mosi dalam debat pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperiment jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis mosi dalam debat menggunakan metode Inkuiri di kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,98 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta Peserta didik di kelas X SMA Pasundan 8 Bandung mampu mengikuti pembelajaran menganalisis mosi dalam debat dengan tepat. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 32,50 dan nilai rata-rata postes 71,68 atau peningkatan sebesar 45%. 3) Metode Inkuiri efektif bagi pembelajaran siswa menganalisis mosi dalam debat di kelas X SMA 8 Pasundan Bandung. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 11,76 > 2,03 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan 33. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran metode Inkuiri efektif digunakan dalam menganalisis mosi dalam debat pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Kata Kunci: Menganalisis, menyimak, mosi dalam debat, metode Inkuiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 08:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 08:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37422 |
Actions (login required)
View Item |