PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, AND EXTEND)

ARIE FIRMANSYAH, 145050024 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, AND EXTEND). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK indo.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT inggris.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pemahaman termasuk dalam standar kemampuan matematis yang diperlukan oleh siswa. Namun kemampuan pemahaman matematis siswa ternyata masih rendah. Penyebabnya adalah tidak mampu memecahkan permasalahan serta memahami konsep matematika dengan tepat dan kepercayaan diri (self-efficacy) siswa yang masih rendah. Salah satu alternatif dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy adalah Model Learning Cycle 7E. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMA yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Learning Cycle 7E lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui self-efficacy (percaya diri) siswa SMA yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan Model Learning Cycle 7E untuk kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Sampel penelitian ini dipilih secara acak sebanyak 2 kelas yakni, kelas X Ips 3 sebagai kelas eksperimen dan X Ips 1 sebagai kelas kontrol di SMA Pasundan 8 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrument tes kemampuan pemahaman matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes-postes) dan instrumen non-tes berupa angket self-efficacy. Analisis data menggunakan uji parametric pada data pretes-postes melalui software SPSS Statistics 24.0 for Windows dan rumus cohend’s untuk melihat efektivitas. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Learning Cycle 7E lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Self-Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Learning Cycle 7E lebih baik daripada Self-Efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) Efektivitas pembelajaran menggunakan Model Learning Cycle 7E untuk kemampuan pemahaman matematis siswa tergolong kedalam kategori besar. Kata Kunci: Model Learning Cycle 7E, Pemahaman Matematis, Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:07
Last Modified: 03 Oct 2018 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37314

Actions (login required)

View Item View Item