PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT)

FITRIA YULIANI, 145050073 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah termuat pada standar menurut NCTM, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis ini merupakan kemampuan yang penting yang harus dikembangkan dan dikuasai oleh siswa. Tetapi pada kenyataannya masih kita jumpai siswa yang kemampuan pemecahan masalah matematisnya rendah, rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa bisa jadi ada kaitannya dengan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT). Model pembelajaran dengan strategi REACT menuntut siswa untuk berperan aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran strategi REACT dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi REACT. Berdasarkan metodenya penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu, berdasarkan hasil ujicoba tersebut, semua soal layak dipakai untuk penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuaan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Self-confodence siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan selfconfidence yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Confidence, Strategi REACT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:43
Last Modified: 03 Oct 2018 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37287

Actions (login required)

View Item View Item