Dingi Ayu Fadhilah, 145060108 (2018) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV SDN Nusawangi Tasikmalaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FIXXX.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II FIXXXX BANGEEEEET.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (561kB) | Preview |
|
Text
BAB IV BIMBINGAN REVISI 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SEMUA BAB.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe STAD pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Nusawangi tahun ajaran 2018/ 2019 yang dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang aktif berpartisipasi dalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan pembelajaran konvensional yaitu ceramah, sedangkan dengan model kooperatif tipe STAD belum pernah dilaksanakan. Kemudia n sikap santun dan peduli siswa dalam pembeajaran masih rendah. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap santun dan percaya diri siswa serta hasil belajar siswa. Pada siklus I sikap santun siswa mendapatkan presentase sebesar 71%, pada siklus II mendapatkan hasil presentase sebesar 82%, dan pada siklus III mendapatkan hasil presentase sebesar 87%. Pada siklus I sikap peduli siswa mendapatkan presentase sebesar 72%, pada siklus II mendapatkan hasil presentase sebesar 81%, dan pada siklus III mendapatkan hasil presentase sebesar 86%. Pada siklus I hasil keterampilan siswa mendapatkan hasil presentase sebesar 73%, pada siklus II mendapatkan presentase 82% dan pada siklus III mendapatkan presentase 87%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase ketuntasan sebesar 50%, pada siklus II memperoleh presentase ketuntasan 70%, dan pada siklus III memperoleh presentase ketuntasan sebesar 90%. Dengan demikian penggunaan model koopeartif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : hasil belajar, keterampilan siswa, model kooperatif tipe STAD, sikap santun dan percaya diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37253 |
Actions (login required)
View Item |