PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI

Jeje Nurjaenah, 145020045 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT Inggris.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Perkembangan suatu bangsa erat hubungannya dengan masalah pendidikan. Pendidikan adalah suatu proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, keaktifan belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi (sub pokok bahasan karakteristik perusahaan dagang kelas X AP 2 SMK Nasional Bandung tahun ajaran 2017/2018). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 di SMK Nasional Bandung yang berjumlah 34 siswa. Asnalisis yang digunakan adalah analisis verivikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan IBM SPSS Statistics Versionon 23. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sebesar 3,96 (79%) sedangkan mengenai keaktifan belajar sebesar 3,90 (78%). Dengan demikian tanggapan responden terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yaitu dilihat dari perhitungan koefisiensi determinasi deningan nilai R Square sebesar 0,418. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh 41,8% terhadap variabel Y dan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh pada variabel Y sebanyak 41,8% disebabkan oleh indikator variabel X berupa sintaks model pembelajaran kooperatif, keunggulan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Sebagai penutup, penulis menyampaikan saran kepada pembeca apabila terdapat siswa yang cenderung meiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik. Salahsatunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, karena cara ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pemeblajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 03:25
Last Modified: 03 Oct 2018 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37238

Actions (login required)

View Item View Item