Jeje Nurjaenah, 145020045 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT Inggris.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan suatu bangsa erat hubungannya dengan masalah pendidikan. Pendidikan adalah suatu proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, keaktifan belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi (sub pokok bahasan karakteristik perusahaan dagang kelas X AP 2 SMK Nasional Bandung tahun ajaran 2017/2018). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 di SMK Nasional Bandung yang berjumlah 34 siswa. Asnalisis yang digunakan adalah analisis verivikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan IBM SPSS Statistics Versionon 23. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sebesar 3,96 (79%) sedangkan mengenai keaktifan belajar sebesar 3,90 (78%). Dengan demikian tanggapan responden terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yaitu dilihat dari perhitungan koefisiensi determinasi deningan nilai R Square sebesar 0,418. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh 41,8% terhadap variabel Y dan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh pada variabel Y sebanyak 41,8% disebabkan oleh indikator variabel X berupa sintaks model pembelajaran kooperatif, keunggulan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Sebagai penutup, penulis menyampaikan saran kepada pembeca apabila terdapat siswa yang cenderung meiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik. Salahsatunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, karena cara ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pemeblajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Keaktifan Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37238 |
Actions (login required)
View Item |