SUCIAWATI AGRIANI, 145020072 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA APLIKASI PREZI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SUB TEMA KOPERASI (Studi Kasus Kelas X IPS 3 DI SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
JUDUL SKRIPSI.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
kelengkapan ABSTRAK BI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
kelengkapan ABSTRAK B INGGRIS.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 FIX.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 FIX.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 FIX.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
BAB 4 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
||
Text
BAB 5 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Aplikasi Prezi dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Sub Tema Koperasi X IPS 3 Di SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi sub bab koperasi di kelas X IPS 3 SMA Kartika XIX-1 Bandung, serta mengetahui pemahaman materi pembelajaran peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media aplikasi Prezi, dan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media aplikasi Prezi terhadap pemahaman materi pembelajaran ekonomi sub bab ekonomi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 3 di SMA Kartika XIX-1 Bandung yang berjumlah 31 peserta didik. Penulis membahas perumusan tersebut diatas dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik pengumpulan data: studi pustaka dan kuisioner. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas, dengan teknik pengolahan data analisis korelasi product moment, dan uji Wilcoxon Matched Pairs. Hasil Penelitian Menunjukan: 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media aplikasi Prezi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 3 di SMA Kartika XIX-1 Bandung memiliki rata-rata 60,54%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media aplikasi Prezi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 3 di SMA Kartika XIX-1 Bandung termasuk dalam kategori “kuat”; 2) Berdasarkan hasil penelitian tingkat pemahaman materi Pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi sub tema koperasi kelas X IPS 3 di SMA Kartika XIX-1 Bandung memiliki rata-rata 49,66%. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman belajar peserta didik tergolong dalam kategori “cukup kuat”. 3) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media pembelajaran aplikasi Prezi ( ) terhadap pemahaman materi pembelajaran ( ) dalam pembelajaran ekonomi sub bab koperasi kelas X IPS 3 di SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018, hal ini berdasarkan pada hasil uji Wilcoxon yang menunjukan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000. Artinya bahwa hal ini menunjukan tidak adanya pengaruh dari hasil penelitian ini. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran bahwa guru sebaiknya mengadakan variasai model dan media pembelajaran agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Aplikasi Prezi, Pemahaman Materi Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37237 |
Actions (login required)
View Item |