DEA SALMA, 145030128 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi. Dalam penelitian ini masalah rendahnya keterampilan menulis cerpen peserta didik. Upaya meningkatkan keterampilan menulis cerpen ini menggunakan media audiovisual. Media audiovisual adalah salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak. Media ini dapat menambah minat siswa dalam belajar karena siswa dapat menyimak gambar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik mengangkat judul skripsi “Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Subjek penelitian ini adalah kelas ekperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelasnya terdiri dari 30 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperimental desain bentuk pretes postes control group design, yaitu dengan menggunakan prates dan pascates dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu : 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual. Dibuktikan dengan perolehan nilai RPP 3,8 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,67. 2) peserta didik mampu menulis cerpen. Dibuktikan dari nilai prates sebesar 56,7 dan pascates sebesar 82,3. 3) Media audiovisual lebih efektif digunakan dibandingkan media gambar. Dibuktikan dengan hasil thitung pada kelas eksperimen adalah 19,20 dan thitung kelas kontrol sebesar 13,24. 4) hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol. Dibuktikan dari perolehan prates peserta didik di kelas eksperimen sebesar 56,7 dan pascates sebesar 82,3, dengan selisih sebesar 25,6. Hasil tersebut lebih besar dibandingkan perolehan hasil belajar di kelas kontrol, yaitu prates sebesar 42,5 dan pascates sebesar 48,6, dengan selisih sebesar 6,1. Berdasarkan bukti data penelitian, maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Kata kunci : Pembelajaran, menulis, cerpen, media audiovisual.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37224 |
Actions (login required)
View Item |