ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG DAN SMA PASUNDAN 4 BANDUNG

FITRIANI, 145020079 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG DAN SMA PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ingris.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK sunda.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 FIX.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III fix.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

UN adalah kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan pada jalur sekolah yang diselenggarakan secara nasional. Berdasarkan penjelasan diatas, hasil dari UN akan dijadikan standar dalam menentukan kelulusan peserta didik, itu tim penyusun soal harus mampu menyusun butir-butir soal agar memiliki Indeks diskriminasi yang baik, tingkat kesukaran yang proporsional. Siswa di harapkan mampu menjawab soal dengan semaksimal mungkin sehingga nilai yang mereka dapat akan memuaskan dan siswa pun nantinya tidak ragu dalam memilih mata pelajaran ekonomi dalam ujian nasional. Berdasarkan paparan dari latar belakang maka peneliti mengkaji masalah kualitas soal ujian nasional, Analisis Kemampuan Siswa dalam Menjawab Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif karena data yang diperoleh dalam bentuk angka dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulannya mengunakan ANATES V.4.Berdasarkan hasil analisis tingkat kesukaran diketahui bahwa butir soal tergolong sangat sukar berjumlah 1 butir (3%), sukar berjumlah 5 (18%), sedang berjumlah 19 butir (68%), mudah berjumlah 3butir (11%). Dengan kata lain dikatakan soal didominasi oleh tingkatan sedang. Dari hasil penelitian daya beda diketahui bahwa butir soal yang daya pembedanya sangat jelek berjumlah 4 butir (14%), jelek berjumlah 4 butir (14%), cukup baik berjumlah 13 butir (47%), Baik berjumlah 7 butir (25%), dan baik sekali berjumlah 0 butir (0%). Berdasarkan data yang diperoleh, jika ditinjau dari tingkat kognitif Taksonomi Bloom pada bentuk soal pilihan ganda didapat bahwa 2 (7,14%) pada tingkat pengetahuan, 8 (28,57%) pada tingkat menerapkan, 17 (60,71%) pada tingkat menganalisis, 1 (3,57%) pada tingkat mengevaluasi, sedangkan tingkat mencipatakan tidak ada sama sekali. Dilihat dari hasil penelitian bahwa guru seharusnya memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan evaluasi terhadap proses maupun hasil belajar siswa. Dengan dilakukan analisis butir soal maka diharapkan soal yang dijadikan tes mendatang dapat berkualitas baik sehingga dapat mengukur hasil belajar peserta didik secara tepat. Khususnya pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 3 & SMA Pasundan 4 Bandung. Kata Kunci : Analisis Kemampuan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:32
Last Modified: 03 Oct 2018 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37212

Actions (login required)

View Item View Item