FITRIANI, 145020079 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG DAN SMA PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indonesia.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ingris.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK sunda.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 FIX.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II FIX.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III fix.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB IV fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
UN adalah kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan pada jalur sekolah yang diselenggarakan secara nasional. Berdasarkan penjelasan diatas, hasil dari UN akan dijadikan standar dalam menentukan kelulusan peserta didik, itu tim penyusun soal harus mampu menyusun butir-butir soal agar memiliki Indeks diskriminasi yang baik, tingkat kesukaran yang proporsional. Siswa di harapkan mampu menjawab soal dengan semaksimal mungkin sehingga nilai yang mereka dapat akan memuaskan dan siswa pun nantinya tidak ragu dalam memilih mata pelajaran ekonomi dalam ujian nasional. Berdasarkan paparan dari latar belakang maka peneliti mengkaji masalah kualitas soal ujian nasional, Analisis Kemampuan Siswa dalam Menjawab Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif karena data yang diperoleh dalam bentuk angka dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulannya mengunakan ANATES V.4.Berdasarkan hasil analisis tingkat kesukaran diketahui bahwa butir soal tergolong sangat sukar berjumlah 1 butir (3%), sukar berjumlah 5 (18%), sedang berjumlah 19 butir (68%), mudah berjumlah 3butir (11%). Dengan kata lain dikatakan soal didominasi oleh tingkatan sedang. Dari hasil penelitian daya beda diketahui bahwa butir soal yang daya pembedanya sangat jelek berjumlah 4 butir (14%), jelek berjumlah 4 butir (14%), cukup baik berjumlah 13 butir (47%), Baik berjumlah 7 butir (25%), dan baik sekali berjumlah 0 butir (0%). Berdasarkan data yang diperoleh, jika ditinjau dari tingkat kognitif Taksonomi Bloom pada bentuk soal pilihan ganda didapat bahwa 2 (7,14%) pada tingkat pengetahuan, 8 (28,57%) pada tingkat menerapkan, 17 (60,71%) pada tingkat menganalisis, 1 (3,57%) pada tingkat mengevaluasi, sedangkan tingkat mencipatakan tidak ada sama sekali. Dilihat dari hasil penelitian bahwa guru seharusnya memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan evaluasi terhadap proses maupun hasil belajar siswa. Dengan dilakukan analisis butir soal maka diharapkan soal yang dijadikan tes mendatang dapat berkualitas baik sehingga dapat mengukur hasil belajar peserta didik secara tepat. Khususnya pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 3 & SMA Pasundan 4 Bandung. Kata Kunci : Analisis Kemampuan Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:32 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37212 |
Actions (login required)
View Item |