GUMELAR RAHAYU, 145030056 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KALIMAT TESIS PADA TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Untuk memperoleh informasi yang diinginkan secara lebih detail, seorang pembaca dapat melakukannya dengan cara membaca intensif atau membaca teliti. Salah satu membaca intensif yang dapat dilakukan yaitu, dengan cara mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi. Adapun permasalahan yang dihadapi peserta didik saat ini, yaitu peserta didik sulit dalam mengidentifikasi kalimat tesis teks eksposisi. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Pre-Eksperimen. Adapun hasil penelitian berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan sebagai berikut. (1) Peserta didik kelas X SMK Pasundan 4 Bandung mampu mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi menggunakan metode cooperative script dengan baik. Hal ini terbukti, dengan hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest yaitu 62,5, sedangkan nilai rata-rata posttest 76. Jadi, terdapat peningkatan nilai Pretest ke Posttest sebesar 13,5 atau 37,5%. Artinya, siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung mampu mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi menggunakan metode coo-perative script; (2) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi menggunakan metode cooperative script pada siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari penilaian guru bidang studi Bahasa Indonesia terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Jumlah nilai rata-rata yang diperoleh penulis adalah 3,9 dengan kategori A (Baik sekali); dan (3) Metode cooperative script efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi. Hal ini, terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung 99,5> ttabel 6,8 pada tingkat kepercayaan 95% db 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa metode cooperative script efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Kata Kunci : cooperative script, kalimat tesis pada teks eksposisi, pembelajaran, struktur kalimat tesis, syarat kalimat tesis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:00 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37194 |
Actions (login required)
View Item |