WENNI SETIAWAN, 145020112 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA ANGKASA BANDUNG (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER WENNI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK B. SUNDA WENNI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK B. INDONESIA WENNI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK B. INGGRIS WENNI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN WENNI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 1 WENNI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II WENNI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
17.BAB III WENNI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
18. BAB IV WENNI BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
||
Text
19. BAB V WENNI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA JADI PDF.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Pada keseluruhan proses pendidikan belajar dan mengajar disekolah, kegiatan belajar adalah merupakan kegiatan yang paling utama. Hal ini berarti tercapainya tujuan hasil belajar siswa banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami dan diberikan oleh para siswa sebagai peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa SMA Angkasa Bandung pada mata pelajaran ekonomi dengan tema koperasi. Pada penelitiani ini, penelitigmenggunakanumetodeleksperimenesemu (quasi eksperimen). Sedangkan Populasi penelitianeini adalahiseluruhisiswakkelas X MIPA SMAiAngkasa Bandung berjumlaho104 siswa. Data sampeloyang diambileadalah sebanyako72 siswa dengan menggunakan sampel nonprobabilitas dan teknik samplingnya adalah sampel sengaja (purposive sampling). Dataghasil belajarediperolehodari tes awale(pretest) dan tes akhir (posstest) dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS statistic 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yangimenggunakanimodel pembelajaranekooperatifotipexjigsaw dan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis maka diperoleh nilainsig. (2-tailed) sebesare0.002, nilaimsig. (2-tailed) < 0.05, diperoleh nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikan sehingga H0 tolak dan H1 diterima, atau terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa SMA Angkasa Bandung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Maria Ifa dalam Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (2013, hlm. 2) juga telah melakukan penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 01:38 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 03:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37175 |
Actions (login required)
View Item |