YOHANA AYU HERIAWAN, 145020121 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA APLIKASI PREZI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SUB TEMA KOPERASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB III.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Aplikasi Prezi dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Sub Tema Koperasi X IPS 2 Di SMA Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi sub bab koperasi di kelas X IPS 2 SMA Negeri 9 Bandung, serta mengetahui pemahaman materi pembelajaran peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media aplikasi Prezi, dan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media aplikasi Prezi terhadap pemahaman materi pembelajaran ekonomi sub bab ekonomi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung yang berjumlah 31 peserta didik. Penulis membahas perumusan tersebut diatas dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik pengumpulan data: studi pustaka dan kuisioner. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas, dengan teknik pengolahan data analisis korelasi product moment, dan uji Wilcoxon Matched Pairs. Hasil Penelitian Menunjukan: 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media aplikasi Prezi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung memiliki rata-rata 70,82%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media aplikasi Prezi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung termasuk dalam kategori “baik”; 2) Berdasarkan hasil penelitian tingkat pemahaman materi Pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi sub tema koperasi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung memiliki rata-rata 75,88. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman belajar peserta didik tergolong dalam kategori “baik”. 3) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media pembelajaran aplikasi Prezi (x) terhadap pemahaman materi pembelajaran (y) dalam pembelajaran ekonomi sub bab koperasi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018, hal ini berdasarkan pada hasil uji Wilcoxon yang menunjukan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000. Artinya hipotesis diterima dan menunjukan tidak adanya pengaruh dari hasil penelitian ini. Akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bahwa guru sebaiknya mengadakan variasai model dan media pembelajaran agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Aplikasi Prezi, Pemahaman Materi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 01:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37163 |
Actions (login required)
View Item |