PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA

RIZKY RAMADHAN, 145050094 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran matematika tidak hanya diwujudkan dengan hasil prestasi siswa disekolah, tetapi siswa harus memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik. Siswa cenderung hanya bisa menyelesaikan permasalahan konsep tetapi masih membutuhkan banyak arahan untuk menyelesaikan yang berkaitan dengan penalaran dengan kata lain tingkat penalaran matematis siswa masih rendah. Self-confidence siswa haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan self-confidence dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah peningktan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) lebih baik daripada peningkatan kemampuan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dengan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 16 Bandung dan sampelnya adalah dua kelas X MIPA di SMAN 16 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis berjumlah 5 soal tes dan skala self-confidence yang berjumah 30 soal angket. Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID). Kata kunci: Meaningful Instructional Design (MID),kemampuan penalaran matematis ,self-confidence

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:37
Last Modified: 02 Oct 2018 09:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37146

Actions (login required)

View Item View Item