PENGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di Kelas IV SDN Budiharja Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat)

KEMAL FAZAR, 145060007 (2018) PENGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di Kelas IV SDN Budiharja Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak B Indonesia.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b inggris.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. sunda.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersam aan Dalam Keberagaman di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Budiharja, sebanyak 17 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk presentase hasil belajar ranah kognitif mencapai 41% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II presentase ketuntasan siswa mencapai 47% dan pada siklus III mencapai 76% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil observasi pada ranah afektif (sikap) peduli pada siklus I dengan rata – rata 60 dengan kategori kurang, pada siklus II nilai yang diperoleh 69.8 masih dalam kategori kurang, dan pada siklus III menunjukan keberhasilan yaitu dengan diperoleh 81.8 pada kategori baik. Hasil observasi sikap santun pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 64.1 dengan kategori kurang, pada siklus II diperoleh nilai 70,8 dengan kategori baik, dan pada siklus III menunjukan peningkatan dengan diperole h nilai 79 pada kategori baik. Hasil observasi pada ranah psikomotor (keterampilan) pada siklus I diperoleh nilai dengan rata – rata 57 denagn kategori kurang, pada siklus II diperoleh nilai 69,7 masih dalam kategori kurang, dan siklus III menunjukan keberhasilan dengan diperoleh nilai 81 pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Budiharja pada pembelajaran tema 1 indahnya kebersamaan subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman kelas IV. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:34
Last Modified: 02 Oct 2018 08:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37134

Actions (login required)

View Item View Item