PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONCEPT SISWA SMA

RINA SITI NURJANAH, 145050015 (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONCEPT SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK (hlm. iv-v).pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT ( hlm. v).pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (hlm. 1-10).pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (hlm. 11-23).pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (hlm. 24-46).pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (hlm. 47-70).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB V (hlm. 71-72).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (hlm. 73-75).pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan eksperimen yang difokuskan pada peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Concept siswa dengan Model Discovery Learning dalam pembelajaran matematika. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika yang rendah sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pembelajaran dengan penggunaan Model Discovery Learning ingin meubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif. Mengubah modus konvensional, siswa hanya menerima informasi secara keseluruhan dari guru ke modus discovery siswa menemukan informasi sendiri, sehingga diharapkan siswa memiliki kecakapan dan pengetahuan baru dari hal yang telah ditemuinya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh pem belajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui apakah Self Concept siswa yang memperoleh model Discovery Learning lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Concept siswa yang memperoleh model Discovery Learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel yang dipilih dua kelas secara acak yaitu siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (pretest dan posttest) dan skala Self Concept diberikan bersamaan saat posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Concept siswa yang memperoleh Model Discovery Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional dan terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Concept siswa yang memperolah Model Discovery Learning. Kata kunci : Discovery Learning, kemampuan pemecahan masalah, dan Self Concept.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:10
Last Modified: 02 Oct 2018 08:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37126

Actions (login required)

View Item View Item