Mentari Novyati Setiana Ningsih, 145050075 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
A. cover-converted.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
F. ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
G. ABSTRAk inggris.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
N. BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
O. BAB II.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
P. BAB III.pdf Download (871kB) | Preview |
|
Text
Q. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
R. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
Text
S. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
Materi matematika dan penalaran matematika adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Namun, rendahnya penalaran matematis pada siswa menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif. Kurangnya penalaran matematis pada siswa bisa disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang tidak efektif, model pembelajaran yang kurang tepat sehingga tujuan pembelajarannya tidak tercapai. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran akan efektif dan kemampuan penalaran matematis siswa menjadi meningkat. Adapun salah satu alternatif pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yaitu model pembelajaran Generatif dengan Metode PQ4R. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 SUKARAJA dengan sampelnya siswa kelas VIII SMPN 2 SUKARAJA yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan skala sikap. Tes diujicobakan terlebih dahulu. Dari hasil uji coba soal-soal tidak sekaligus semuanya berkategori baik, oleh karena itu soal-soal yang tidak memenuhi syarat telah dikoreksi kembali sehingga layak dijadikan instrumen penelitian. Analisis data hasil penelitian menggunakan program IBM SPSS Statistic 17.0 for Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya diterapkan model pembelajaran generatif dengan metode PQ4R lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran Discovery Learning. (2) peningkatan kemampuan self-efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran generatif dengan metode PQ4R lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning. (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy yang menggunakan model pembelajaran generatif dengan metode PQ4R. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematika, Self-efficacy, dan Model Pembelajaran Generatif dengan Metode PQ4R
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 07:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 07:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37124 |
Actions (login required)
View Item |