NUR FATIMAH, 145050064 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
iv. ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
v. ABSTRACK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (511kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa 2) mengetahui disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa 3) mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir aljabar dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Al Falah Bandung sedangkan yang menjadi objek pada penelitian ini adalah model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS), kemampuan berpikir aljabar dan disposisi matematis. Instumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir aljabar dan angket disposisi matematis. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software SPSS 20.0 for Windows. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data pre-test kemampuan berpikir aljabar, analisis data post-test kemampuan berpikir aljabar, analisis data indeks gain, dan analisis data angket disposisi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, serta terdapat korelasi antara kemampuan berpikir aljabar dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS). Dengan demikian model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS), Kemampuan Berpikir Aljabar, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Biasa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 07:33 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37122 |
Actions (login required)
View Item |