PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)

NUR FATIMAH, 145050064 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iv. ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
v. ABSTRACK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa 2) mengetahui disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa 3) mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir aljabar dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Al Falah Bandung sedangkan yang menjadi objek pada penelitian ini adalah model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS), kemampuan berpikir aljabar dan disposisi matematis. Instumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir aljabar dan angket disposisi matematis. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software SPSS 20.0 for Windows. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data pre-test kemampuan berpikir aljabar, analisis data post-test kemampuan berpikir aljabar, analisis data indeks gain, dan analisis data angket disposisi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, serta terdapat korelasi antara kemampuan berpikir aljabar dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS). Dengan demikian model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS), Kemampuan Berpikir Aljabar, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Biasa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:33
Last Modified: 02 Oct 2018 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37122

Actions (login required)

View Item View Item