YAYANG ERSINAWATI, 145040086 (2018) PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PERMAINAN BUDAYA LOKAL PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI YYG.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA1-3 YG.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat tetapi tidak diimbangi dengan hasil belajar siswa yang meningkat. Hal ini dikarenakan kurang adanya pemanfaatan teknologi yang tepat untuk diterapkan oleh guru pada proses pembelajaran, sehingga 50 % lebih siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada tahun ajaran sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis aplikasi permainan budaya lokal dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional pada materi sel di MAN 1 Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik shapiro-wilk, uji kesamaan varians (homogenitas) dengan menggunakan uji levene test selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai 0,001 atau nilai signifikansi <0,05, yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pembelajaran berbasis aplikasi permainan budaya lokal dengan pembelajaran metode konvensional. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis aplikasi permainan budaya lokal pada materi sel dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Teknologi, Aplikasi, Konvensional, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 04:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 04:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37096 |
Actions (login required)
View Item |