DWI RISMI OCY, 145050007 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMA KELAS X MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak indo.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK english.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan abstraksi matematis dan self-awareness peserta didik SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan self-awareness peserta didik SMA adalah model Quantum Learning. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pencapaian kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang memperoleh model Quantum Learning lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang memperoleh model Quantum Learning lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) Untuk mengetahui pencapaian self-awareness peserta didik yang memperoleh model Quantum Learning lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 4) Untuk mengetahui keefektifitasan model quantum learning dalam meningkatkan kemampuan abstraksi matematis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung. Adapun sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan abstraksi matematis dan skala self-awareness. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan effect size dengan bantuan software Microsoft Exel dan software IBM SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang menggunakan model Quantum Learning lebih tinggi daripada self-awareness peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa; 2) Peningkatan kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang menggunakan model Quantum Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa; 3) Pencapaian self-awareness peserta didik yang menggunakan model Quantum Learning lebih tinggi daripada self-awareness peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa; 4) Model Quantum Learning memiliki tingkat keefektifitasan yang kecil dalam meningkatkan kemampuan abstraksi peserta didik. Dengan demikian model Quantum Learning dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Quantum Learning, Kemampuan Abstraksi Matematis, Self-awareness.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 03:57 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 03:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37087 |
Actions (login required)
View Item |