FATMAWATI, 145050052 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLLECTUALLY AND REPETITION (AIR). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (706kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa relatif masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran AIR. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Mengetahui self-awareness siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Mengetahui korelasi positif antara self-awareness siswa dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR; 4) Mengetahui korelasi positif antara self-awareness siswa dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung. Sampel penelitiannya siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-awareness. Analisis data melalui program software IBM SPSS 20.0 for Windows dan software Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; 2) Self-awareness siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi positif antara self-awareness dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR; 4) Tidak terdapat korelasi positif antara self-awareness dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu model pembelajaran AIR dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif. Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Auditory, Intellectually and Repetition (AIR), Self-Awareness.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 07:43 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 07:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37035 |
Actions (login required)
View Item |