NURNINI, 145050069 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN CURIOSITY SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES (CUPs). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
6.ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRACT.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
1.BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
2.BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text
4.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
||
Text
5.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, untuk mengetahui apakah Curiosity siswa yang memperoleh pembelajaran model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan Curiosity siswa yang memperoleh model Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain kelompok pretest dan posstest, yang melibatkan dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukaraja. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis tipe uraian dan angket curiosity matematis. Analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan Independent sample t-test melalui program SPSS 20.0 for Windows begitu pula analisis data curiosity matematis, dimana data diubah terlebih dahulu menjadi data kuantitatif menggunakan MSI (Method of Succesive Interval). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran Discovery Learning; 2) curiosity matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning; 3) tidak terdapat korelasi antara curiosity matematis dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Kata Kunci: kemampuan pemahaman konsep, Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan curiosity matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 02:57 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 02:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36882 |
Actions (login required)
View Item |