NENDEN SRI ANASTATIYA, 145060238 (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN KERSAMANAH 2 KABUPATEN GARUT (Penelitian Tindakan Kelas pada pembelajaran tematik tema 9 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia kelas IV SDN Kersamanah 2 Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI PDF.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS .pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PDF.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II PDF.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III PDF.pdf Download (561kB) | Preview |
|
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
Text
DAPUS.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran Inkuiri adalah model pembelajaran yang menekankan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dimana siswa dapat menemukan atau meneliti masalah berdasarkan fakta untuk memperoleh data, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dan membimbing siswa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kersamanah 2. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor dari guru yang masih menggunakan metode konvensional secara parsial dan faktor siswa itu sendiri yang masih belum bisa berperan aktif serta siswa cenderung hanya menerima informasi dari guru saja pada saat pembelajaran. Peneliti ini menggunakan model penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari III siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam peneliti ini dalah tes-non tes (Observasi dan dokumentase). Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar pretest sebesar 40% sedangkan posttest 48.6%. pada siklus II hasil belajar pretest sebesar 57.2% sedngkan posttest 68.6%, dan pada siklus III hasil belajar siswa pretest sebesar 80% an posttest sebesar 91.4%. hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 02:23 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 02:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36873 |
Actions (login required)
View Item |