KAJIAN STILISTIKA TERHADAP PENGGUNAAN DIKSI DALAM KUMPULAN PUISI MALU (AKU) JADI ORANG INDONESIA KARYA TAUFIQ ISMAIL SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMK

Tenti Yuliantini, NPM : 158090016 (2018) KAJIAN STILISTIKA TERHADAP PENGGUNAAN DIKSI DALAM KUMPULAN PUISI MALU (AKU) JADI ORANG INDONESIA KARYA TAUFIQ ISMAIL SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMK. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tenti Yuliantini.docx

Download (58kB)

Abstract

Yuliantini, Tenti. 2018 Kajian Stilistika terhadap Penggunaan Diksi dalam Kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufiq Ismail serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMK. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (1) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M. Pd. (II) Dr. Sri Marten Yogaswara, M.M. Kata kunci: modul, puisi, stilistika, diksi. Penelitian ini dilatarbelakangi sulitnya memahami puisi karena penggunaan diksi serta minimnya bahan ajar sastra sehingga pembelajaran sastra tidak variatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah deskripsi kajian stilistika terhadap penggunaan diksi dalam kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufiq Ismail? (2) Apakah hasil kajian stilistika dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dilihat dari kriteria bahan ajar yang baik? (3) Bagaimanakah deskripsi bentuk bahan ajar dengan memanfaatkan hasil kajian stilistika terhadap penggunaan diksi dalam kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufiq Ismail? Tesis ini merupakan kajian terhadap kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi OrangIndonesia menggunakan stilistika untuk menemukan penggunaan diksi dalam puisi. Hasil penelitian ini kemudian dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam bentuk modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah pustaka dan teknik observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Stilistika merupakan pisau kajian yang dapat digunakan untuk menemukan cara pengarang menggunakan diksi dalam mengungkapkan gagasannya melalui puisi. Penggunaan diksi dalam puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia didominasi kata konkret yang dapat membangkitkan imaji visual pembaca dengan memanfaatkan majas, ungkapan dan pengimajian. Hasil kajian dimanfaatkan sebagai bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia dalam bentuk modul.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 25 Sep 2018 01:52
Last Modified: 25 Sep 2018 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36856

Actions (login required)

View Item View Item