Dini Irfani, 125060005 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SERTA HASIL BELAJAR SISWA DALAM SUBTEMA LINGKUNGAN SEHAT PADA SISWA KELAS V SD ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Lengkong Besar 105-85 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (511kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah peningkatan sikap percaya diri serta hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada subtema lingkungan sehat di kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dalam subtema Lingkungan Sehat di kelas V. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC berjumlah sebanyak 24 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penila ian sikap percaya diri dan nilai persentase hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I, penilaian sikap percaya diri memperoleh penilaian 20,83, penilaian pada siklus II mencapai 54,17, dan pada siklus III penilaian yang diperoleh mencapai 87,50. Selain itu peningkatan terjadi pada hasil belajar siswa melalui hasil penilaian pretes dan postes di tiap siklus. Pada siklus I perolehan persentase pada penilaian pretes mencapai 75% dan penilaian postes memperoleh persentase 83,33%. Pada siklus II perolehan persentase pada penilaian pretes yaitu 29,17% dan penilaian postes memperoleh persentase 66,67%. Kemudian pada siklus III perolehan persentase pada penilaian pretes hanya mencapai 37,50% dan pada penilaian postes perolehan persentase yang didapatkan meningkat menjadi 83,33%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan sikap percaya diri serta hasil belajar siswa pada subtema lingkungan sehat di kelas V SD Negeri Lengkong Besar 105-85, Kota Bandung. Kata kunci: Model pembelajaran team games tournament, sikap percaya diri, dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 08:29 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 08:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36519 |
Actions (login required)
View Item |