PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 033 ASMI Kecamatan Regol Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

ANGGUN SERI LESTARI, 145060023 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 033 ASMI Kecamatan Regol Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujua n penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang terdiri dari tiga aspek yaitu, kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 033 ASMI Kota Bandung, sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari l6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai tuntas dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar siswa aspek kognitif siklus I memperoleh 40% siswa tunta s mencapai KKM, siklus II memperoleh 70%, dan siklus III mencapai 93,33%. Hasil belajar siswa aspek afektif pada sikap peduli siswa siklus I memperoleh 38,33% siswa tuntas, siklus II memperoleh 61,66%, dan siklus III mencapai 86,66%. Pada penilaian sikap santun siswa siklus I memperoleh 36,66%, siklus II memperoleh 63,33%, dan siklus III mencapai 91,66%. Hasil belajar siswa aspek psikomotor pada keterampilan siswa siklus I memperoleh 35% siswa tuntas, siklus II memperoleh 66,66%, dan siklus III mencapai 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan sikap peduli, santun, dan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SDN 033 ASMI Kota Bandung. Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, sikap peduli, sikap santun

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:04
Last Modified: 19 Sep 2018 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36499

Actions (login required)

View Item View Item