INTAN NOVIANA SAFITRI, 145020059 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAS PASUNDAN 3 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen pada Sub Pokok Kebijakan Moneter dan Fiskal). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER - INTAN.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK - BAHASA INDONESIA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK - INGGRIS.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK - SUNDA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAS Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk : (i) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sesudah dan sebelum pembelajaran pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing, (ii) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sesudah dan sebelum pembelajaran pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional, (iii) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional, dan (iv) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 1 SMAS Pasundan 3 Bandung.. Penelitian ini melakukan pengolahan data secara kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 3 Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan instrumen tes berupa pretest dan posttest. Tes yang digunakan adalah tes tipe pilihan ganda (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan data hasil nilai rata-rata pretest dan posttest diketahui N-Gain sebesar 0.61 dengan interpretasi sedang dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model snowball throwing. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 51,6% yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu Model Snowball Throwing (X) terhadap variabel terikat yaitu Hasil Belajar (Y) adalah sebesar 51,6%. Sebagai akhir penelitian, Penulis menyampaikan saran kepada Guru diharapkan pembelajaran model Snowball Throwing dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, karena berdasarkan penelitian yang t elah dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing. Kata kunci : Snowball Throwing, Hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 04:45 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 04:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36481 |
Actions (login required)
View Item |