INE ERPIANI, 145020016 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA BINA DHARMA 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Kasus Pembelajaran Ekonomi Pada Sub Materi Koperasi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Metode Everyone Is A Teacher Here Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Bina Dharma 2 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 (Studi Kasus Pembalajaran Ekonomi Pada Sub Materi Koperasi).” Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif melalui metode everyone is a teacher here dalam mata pelajaran ekonomi sub materi koperasi; (2) untuk megetahui keaktifan siswa kelas X IPS; dan (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui metode everyone is a teacher here terhadap keaktifan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey melalui pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner dan observasi. Hipotesis penelitian berbunyi adanya pengaruh positif dalam menggunakan model pembelajaran koopertatif melalui metode everyone is a teachere here terhadap keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan SPSS 20,0 for windows. Berdasarkan analisis data menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran koopertatif melalui metode everyone is a teachere here terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 43% yang diperoleh dari koefisien determinasi R squre sebesar 0,430 dan sisanya sebesar 57% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kesimpulannya hipotesis penelitian dapat diterima dan tujuan penelitian tercapai , sebagai akhir peneliti menyarankan kepada siswa diharapkan agar mempertahankan keaktifan belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki, kepada guru diharapkan agar sebaiknya menggunakan berbagai model pembelajaran yang menarik, kepada sekolah agar menyediakan fasilitas yang memadai untuk keberlangsungan pembelajaran serta kepada peneliti selanjutnya lebih memperhatikan alokasi waktu dan meneliti pada mata pelajaran lain, kelas dan sekolah yang berbeda. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Metode Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 08:43 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 08:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36462 |
Actions (login required)
View Item |