PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR

Friska Triana, 145060079 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER FRISKA TRIANA 145060079.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGIRS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas II dengan model discovery learning di SDN 026 Bojongloa. Diadakannya penelitian ini yaitu karena adanya latar belakang dari keadaan siswa yang memiliki sikap percaya diri dan hasil belajar yang belum memuaskan dan tidak mencapai kategori yang baik, selain itu siswa juga cenderung pasif pada proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran hanya berlangsung secara satu arah. Dengan diperoleh latar belakang tersebut maka pada proses pembelajaran memerlukan suatu model yang dapat memberikan dampak yang baik, salah satunya yaitu menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada metode penelitian dengan desain penelitian Kemmis & Mc Taggat juga didalamnya dilaksanakan 3 siklus yang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai yaitu 3,4 menjadi 3,75, sikap percaya diri pada siklus I sampai siklus III yaitu 0% menjadi 79%, dan selanjutnya hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 55% menjadi 97%. Maka yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu penerapan model discovery learning mampu meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema hidup rukun di rumah di kelas II SDN 026 Bojongloa Kota Bandung. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 23:17
Last Modified: 17 Sep 2018 23:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36452

Actions (login required)

View Item View Item