YULIA MAESANTI, 145060225 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (688kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN 066 Halimun dengan subjek penelitian adalah kelas III dan objek penelitian adalah siswa dengan jumlah 31 orang yang terdiri atas 20 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menumbuhkan sikap santun, peduli dan tanggung jawab serta meningkatkan hasil belajar siswa didasarkan atas permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya partisipasi siswa dalam setiap pembelajaran sehingga membuat siswa jenuh kurang tertarik untuk belajar dan mempengaruhi hasil belajar yang kurang mencapai KKM. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan dengan model Discovery Learning dalam setiap pembelajarannya. Instrumen dan pengolahan data yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah wawancara observer, observasi sikap santun, peduli, tanggung jawab, angket dan hasil belajar siswa berupa pre tes dan post tes. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase nilai siklus I adalah 39% dilanjutkan kembali pada siklus II menjadi 61% dan dilanjutkan kembali pada siklus III menjadi 87%. Hasil penilaian sikap santun siklus I mencapai 29%, siklus II terjadi peningkatan mencapai nilai 61% dan siklus III terjadi peningkatan 84%. Hasil penilaian sikap peduli I yaitu 32%, siklus II terjadi peningkatan mencapai nilai 52%, siklus III terjadi peningkatan mencapai nilai 84%. Hasil penilaian sikap tanggung jawab siklus I mencapai nilai 29%. Siklus II terjadi peningkatan mencapai nilai 58%, dan siklus III terjadi peningkatan 87%. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Perkembangbiakan dan daur hidup hewan. Kata kunci : Discovery Learning, hasil belajar, sikap santun, sikap peduli, dan sikap tanggung jawab
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 22:34 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 22:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36444 |
Actions (login required)
View Item |