Dea Rizki Nur Devianti, 145060125 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (PenelitianTindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (797kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman.Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan jumlah 26 siswa terdiri atas 12 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, diantaranya lembar pretest dan posttest, lembar keterampilan. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh persentase sebesar 66%, siklus II 76%, siklus III 87%. Selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh persentase sebesar 68%, siklus II 75%, siklus III 87%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah kognit if siklus I memperoleh persentase sebesar 35%, siklus II 61%, siklus III 85%. Pada ranah afektif peduli siklus I memperoleh persentase sebesar 63%, siklus II 71%, siklus III 82%. Ranah afektif santun siklus I memperoleh persentase sebesar 57%, siklus II 71%, siklus III 85%. Ranah psikomotor siklus I memperoleh persentase sebesar 35%, siklus II 69%, siklus III 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV A SDN 130 Batununggal Sekelimus. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Model Discovery Learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Sep 2018 10:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2018 10:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36398 |
Actions (login required)
View Item |