FITRI KARTIKA PUTRI, 145030044 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERFOKUS PADA GAYA BAHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ACC (PDF).pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ACC (pdf).pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ACC (pdf).pdf Download (895kB) | Preview |
|
Text
BAB IV ACC (pdf).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V ACC (pdf).pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 pembelajaran menulis teks persuasi adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam keterampilan menulis. Berkaitan dengan pernyataan tersebut, penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Cimahi. Permasalahan-permasalahan yang saat ini ditandai oleh peserta didik dalam keterampilan menulis khususnya pembelajaran menulis teks persuasi adalah kesulitan dalam menentukan kalimat utama untuk memulai suatu karangan. Selain permasalahan dalam peserta didik, adapun permasalahan yang penulis ajukan adalah (1) Apakah penulis mampu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Cimahi? (2) Seberapa besarkah tingkat kemampuan siswa kelas VII dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example? (3) Efektifkah penerapan metode example non example digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa untuk siswa kelas VII SMP Pasundan 1 cimahi? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperimen jenis one group pretest postest design. Adapun hasil penelitian sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,97; (2) Peserta didik kelas VII SMP Pasundan 1 Cimahi mampu menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 63,52 dan nilai ratarata posttest sebesar 84,16. Jadi, adanya peningkatan 20,64; (3) Metode example non example efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 6,78 > 2,08 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 25. Berdasarkan fakta tersebut, maka disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci : Menulis, Teks Persuasi, Metode Example Non Example
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 06:33 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 06:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36081 |
Actions (login required)
View Item |