Eko Ardiyanto, 145060015 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas, Pada Siswa Kelas V C Semester I SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. KOVER SKRIPSI FIX.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB I PENDAHULUAN FIX.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB II KAJIAN TEORI FIX.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
18. BAB III METODE PENELITIAN FIX.pdf Download (804kB) | Preview |
|
Text
19. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
20. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
Text
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar (kognitif) peserta didik dengan menerapkan model problem based learning pada tema organ gerak hewan dan manusia, di kelas V C SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan pada kegiatan observasi yang mendeskripsikan masih rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tiga siklus, dan tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, tes, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, menunjukkan adanya peningkatan nilai pada sikap percaya diri dan hasil belajar (kognitif) peserta didik. Hasil yang diperoleh siklus I menunjukkan sikap percaya diri memperoleh nilai dengan persentase sebesar 47%, siklus II sebesar 68%, dan siklus III sebesar 85% dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 63,5, siklus II sebesar 72,38, dan siklus III sebesar 79,91. Hasil belajar (kognitif) peserta didik pada siklus I memperoleh nilai dengan persentase sebesar 41%, siklus II sebesar 65%, dan siklus III sebesar 82% dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,67, siklus II sebesar 68,82, dan siklus III sebesar 77,64. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan dengan penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik pada tema organ gerak hewan dan manusia di kelas V C SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying. Kata Kunci : Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 06:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 04:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36080 |
Actions (login required)
View Item |