WULAN FEBRIANTINI, 145060191 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 129 Rancasawo Margasari Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Inggris.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Sunda.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 129 Rancasawo Margasari khususnya di kelas IV-D dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fakta yang ditemukan peneliti yaitu kurangnya sikap percaya diri, peduli, tanggung jawab dan keterampilan diskusi peserta didik sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang dan pendidik cenderung menggunakan model konvensional (ceramah) pembelajaran berpusat pada pendidik dan peserta didik tidak terlibat aktif pada saat pembelajaran, sehingga banyak peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yang diterapkan disekolah yaitu 70. Oleh karena itu diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan sikap percaya diri, peduli, tanggung jawab, keterampilan diskusi dan hasil belajar peserta didik salah satunya model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan atau pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Hasil penilaian sikap percaya diri siklus I persentase mencapai 17% (kuran g), siklus II persentase mencapai 70% (cukup) dan siklus III persentase mencapai 90% (sangat baik). Hasil penilaian sikap peduli siklus I persentase mencapai 33% (kurang), siklus II persentase mencapai 76% (cukup) dan siklus III persentase mencapai 86% (baik). Hasil penilaian sikap tanggung jawab siklus I persentase mencapai 60% (kurang), siklus II persentase mencapai 80% (baik), dan siklus III persentase mencapai 90% (sangat baik). Hasil penilaian keterampilan diskusi siklus I persentase mencapai 50% (kurang), siklus II persentase mencapai 80% (baik) dan siklus III persentase mencapai 93% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I dari 30 orang hanya 13 orang yang sudah mencapai KKM dengan persentase sebesar 43% (kurang), pada siklus II 21 orang yang sudah mencapai KKM dengan persentase sebesar 70% (cukup) dan pada siklus III 28 orang yang sudah mencapai KKM dengan persentase sebesar 93% (sangat baik). Dengan demikian penerapan model problem based learning pada subtema kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat dikatakan berhasil meningkatkan sikap percaya diri, peduli, tanggung jawab, keterampilan diskusi dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri, Sikap Peduli, Sikap Tanggung Jawab, Keterampilan Diskusi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 04:56 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 04:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36051 |
Actions (login required)
View Item |