KEYSIA RIZKIA, 145010041 (2018) PERANAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP KARAKTER PERSAHABATAN SISWA DI SMP NASIONAL BANDUNG (Studi Kasus pada siswa SMP Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Teman sebaya atau peers adalah anak-anak dengan tingkat kematangan atau usia yang kurang lebih sama. Melalui kelompok teman sebaya anak-anak menerima umpan balik dari teman-teman mereka tentang kemampuan mereka. Anak-anak menilai apa-apa yang mereka lakukan, apakah dia lebih baik dari pada teman -temannya, sama, ataukah lebih buruk dari a pa yang anak-anak lain kerjakan. Sama halnya dengan kegiatan teman sebaya di dalam pembentukan karakter persahabatan, dimana pada zaman sekarang anak-anak lebih cenderung tertarik membentuk persahabatan. Seperti yang belakangan ini terjadi di SMP Nasional Bandung, ada kasus yang terjadi yaitu siswa yang memiliki kemampuan di atas rata -rata cenderung tidak memiliki kelompok teman sebaya sedangkan anak-anak yang berkemampuan di bawah rata-rata memiliki cakupan pertemanan yang luas. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kelompok teman sebaya terhadap karakter persahabatan pe serta didik di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi, dengan sample penelitian 7 orang yang terdiri dari 2 Guru Pendidikan Kewarganegaraan, 1 Guru Bimbingan Konseling, 4 peserta didik kelas 8 dan 4 peserta didik kelas 9. Sedangkan responden untuk angket sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa jika peserta didik berinteraksi dengan kelompok teman sebaya maka kelompok teman sebaya tersebut secara tidak langsung mempengaruhi karakter persahabatan. Semakin tinggi interaksi antara kelompok teman sebaya, peran yang berpengaruh terhadap karakter persahabatan akan semakin tinggi. Dan hal tersebut terjadi di SMP Nasional Bandung. Berdasarkan abstrak di atas maka berarti kelompok teman sebaya berperan terhadap membentuk karakter persahabatan di SMP Nasional Bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 06:14 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 06:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36005 |
Actions (login required)
View Item |