META FEBRIANI PRATIWI, 145060261 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Culamega Kecamatan Pasir Jambu Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT Inggris.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Meta.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Meta.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Meta .pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Meta.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V Meta.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Meta.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Culamega Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 26 orang siswa. Penelitian ini didasari oleh hasil belajar siswa yang relatif rendah, pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang memiliki sikap peduli dan santun dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (Teacher Centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa serta sikap peduli dan santun pada subtema keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Model yang digunakan dalam model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, menunjukkan adanya peningkatan Sikap Peduli pada siklus I 40,39%, pada siklus II menjadi 65,39% dan pada siklus III mencapai 84,63%. Sedangkan pada Sikap Santun siswa pada siklus I 32,67%, pada siklus II menjadi 61,54% dan pada siklus III mencapai 86,54%. Keterampilan siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 30,82%, pada siklus II menjadi 59,62% dan pada siklus III mencapai 83,18%. Dan terakhir adanya peningkatan pada hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 38,46%, pada siklus II menjadi 50% dan pada siklus III mencapai 80,77%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini direkomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa maupun dalam aspek lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah-masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Sikap Peduli, Sikap Santun dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 03:46 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 03:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35998 |
Actions (login required)
View Item |