YETI ABRIANTI, 145060181 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.indo.docx.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (547kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Dukuh 1 Kacamatan Ciasem Kabupaten Subang dengan subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 16 orang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Desain penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar setiap tes. Maka hasil untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 83,75%, meningkat pada siklus II sebesar 87,5% dan meningkat pada silus III sebesar 95%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu siklus I 88,75%, siklus II 91,25%, dan siklus III 96,25%. Peningkatan sikap pada subtema pembelajaran sikap peduli yaitu pada siklus I 63%, siklus II 75%, dan siklus III 93,75% dan sikap santun sama menunjukan adanya peningkatan sikap santun yaitu pada siklus I 68,75%, siklus II 81,25%, dan siklus III 93,75%. Sedangkan untuk tes pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 50%, siklus II 81,25% dan siklus III 100%. Hal itu dikarenakan pada model Discovery Learning yang aktif selama pembelajaran adalah siswa sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dukuh 1. Dengan demikian model Discovery Leaning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran pada materi lain dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar bisa lebih baik. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 07:10 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35978 |
Actions (login required)
View Item |