RINI FEBRIANI, 145040015 (2018) PEMANFAATAN PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAC INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAC SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 ACC.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ACC.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ACC.pdf Download (909kB) | Preview |
|
Text
BAB IV ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) |
||
Text
BAB V ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan peta konsep berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA 1 di SMA PGRI 1 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 62,71 dan skor rata-rata Posttest sebesar 83 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 1,00 dengan kategori tinggi. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata 79,18 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 71,2 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil angket dari keseluruhan siswa didapatkan respon positif sebesar 71,% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil angket kemampuan literasi informasi mendapatkan skor dengan rata-rata 88.88 dengan kriteria sangat baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran peta konsep berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Peta Konsep, Web, Hasil Belajar Siswa, Literasi Informasi, Keanekaragaman Hayati.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 07:03 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 07:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35977 |
Actions (login required)
View Item |