DEIANEIRA DWITARI, 142010053 (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS DERWATI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
Daftar Pustaka.docx Download (13kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (59kB) |
||
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
||
|
Image
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.tif Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.docx Download (34kB) |
||
Text
COVER DAN PENGESAHAN EDAN DONG.docx Download (37kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena rendahnya tingkat kepuasan masyarakat pada Puskesmas Derwati Kota Bandung. Permasalahan ini disebabkan karena kualitas pelayanan dalam bidang kesehatan masih terdapat kekurangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis asosiatif, yaitu suatu pertanyaan peneliti yang menghubungkan dua variabel atau lebih. Hubungan variabel dalam penelitian bersifat kausal, yaitu hubungan yang bersifat sebab akibat. Ada variabel independent (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependent (variabel yang di pengaruhi) Kemudian data yang sudah terkumpul di proses dan dianalisis, melalui statistik parametrik dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, observasi non partisipan, wawancara dan angket yang dibagikan kepada 30 responden. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat terdapat pengaruh yang positif dan signifikan yaitu pengaruh erat artinya jika kualitas pelayanan kesehatan ditingkatkan maka kepuasan masyarakat pun akan meningkat. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Puskesmas Derwati dalam kualitas pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kepuasan masyarakat antara lain yaitu kurang kurangya fasililitas berupa sarana dan prasarana dalam pelaksanaan layanan kesehatan yang menjadi masalah utama di Puskesmas Derwati Kota Bandung serta pemahaman dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dimiliki sehingga dalam penyelesaian pekerjaannya mengalami keterlambatan, kurang maksimal dan kurang kesadaran dalam hal keramahan yang seharusnya di berikan seorang petugas kepada pasien. Usaha yang akan dilakukan oleh Kepala Puskesmas Kota Bandung yaitu mengusahakan untuk meminta pebaikan Puskesmas, menambah dan memberikan fasilitas dalam bentuk sarana dan prasarana yang di butuhkan kepada Dinas Kesehatan Kota Bandung serta memberikan instruksi kepada pegawai dan menempatkan pegawai sesuai dengan dengan kemampuannya dan memberikan semangat dalam melaksanakan pekerjaan serta membantu para pegawai untuk berkembangan atau memberikan pemikirannya untuk kemajuan Puskesmas. Kesimpulan dari hasil penelitian pada Puskesmas Derwati Kota Bandung yaitu kualitas pelayanan kesehatan belum sepenuhnya melaksanakan butir-butir kualitas pelayanan, hal ini menyebabkan rendahnya kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan kesehatan yang di berikan Puskesmas. Kata kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Masyarakarat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 05:45 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 05:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35962 |
Actions (login required)
View Item |