PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

ROSALINA ANWAR, 145040027 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (836kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi web terhadap kemampuan literasi informasi dan hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi informasi dan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor, sedangkan bagi pendidik dan sekolah dapat dijadikan bahan pertimbangan alternatif untuk mengoptimalkan penerapan literasi dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang inovatif, aktif dan komunikatif serta dapat meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 12 Bandung dengan jumlah 31 orang. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji -t dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan literasi informasi siswa yang memperoleh hasil rata-rata 87,68% dengan kriteria sangat baik, hasil belajar siswa pada ranah kognitif mendapat nilai N -Gain 0,69 dengan kriteria sedang, penilaian pada ranah afektif me ndapat nilai 82 dengan kriteria sangat baik dan penilaian pada ranah psikomotor mendapat nilai 84 dengan kriteria sangat sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi web dapat meningkatkan kemampuan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis M

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:48
Last Modified: 05 Sep 2018 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35943

Actions (login required)

View Item View Item