PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA UNGKAPAN PERSUASIF DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ANNISA RAHMAWATI, 145030071 (2018) PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA UNGKAPAN PERSUASIF DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS NEGOSIASI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH FINAL BAB I SKRIPSI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH FINAL BAB II SKRIPSI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH FINAL BAB III SKRIPSI.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BISMILLAH FINAL BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BISMILLAH FINAL BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
BISMILLAH DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model atau metode pembelajaran. Model atau metode pembelajaran yang digunakan harus bisa membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga tercipta pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan model pembelajaran think pair share untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dalam pembelajaran mengevaluasi teks negosiasi berorientasi pada ungkapan persuasif pada peserta didik kelas X SMAN 15 Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan melihat kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengevaluasi teks negosiasi berorientasi pada ungkapan persuasif dengan model think pair share pada peserta didik kelas X SMAN 15 Bandung, mengetahui dan menguji kemampuan peserta didik kelas X SMAN 15 Bandung dalam mengevaluasi teks negosiasi berorientasi pada ungkapan persuasif dengan model think pair share, dan mengetahui keefektifan penggunaan model think pair share dalam pembelajaran mengevaluasi teks negosiasi berorientasi pada ungkapan persuasif pada peserta didik kelas X SMAN 15 Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan, yaitu studi dokumentasi/telaah pustaka, tes, dan observasi. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil perencanaan pembelajaran sebesar 3,88 dan hasil pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,82. Selanjutnya, dapat dilihat dari hasil prates dengan nilai rata-rata 50,29 dan hasil pascates dengan nilai rata-rata 64,57. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pada peserta didik kelas X SMAN 15 Bandung sebesar 14,28. Selain itu, dapat dilihat juga dari hasil uji statistik nilai thitung > ttabel, yaitu 6,873 > 1,703 dengan nilai signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 27. Selanjutnya nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan hasil 0,000 yang berarti nilai signifikansi < 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran mengevaluasi teks negosiasi berorientasi pada ungkapan persuasif dengan model think pair share pada peserta didik kelas X SMAN 15 Bandung berhasil dilaksanakan dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, Mengevaluasi, Teks Negosiasi, Persuasif, Model Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Sep 2018 07:08
Last Modified: 04 Sep 2018 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35908

Actions (login required)

View Item View Item