PEMBELAJARAN MENGANALISIS SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Larissa Kartika Purwaningtyas, 145030054 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menganalisis merupakan suatu penyelidikan untuk memecahkan masalah pada suatu pembelajaran dan digunakan sebagai alat pengembang kreativitas anak untuk berpikir dan mengolah nalar secara lisan maupun tulisan. Metode example non example merupakan metode belajar kepekaan siswa terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya melalui analisis contoh-contoh berupa gambar yang bermuatan masalah. Berkenaan dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah dengan Menggunakan Metode Example Non Example pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu, 1) mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan menggunakan metode example non example?; 2) mampukah peserta didik menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan tepat?; 3) efektifkah metode example non example diterapkan dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah?; 4) adakah perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode example non example pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dengan metode latihan?; 5) manakah yang lebih efektif dalam pembelajaran menganalisis sistematikan dan kebahasaan karya ilmiah antara metode example non example dengan metode latihan pada peserta didik di kelas XI SMA Negeri 12 Bandung?. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian eksperimen semu, dengan teknik penelitian studi pu staka, uji coba, observasi, dan tes. Adapun hasil penelitiannya, yaitu hasil penilaian sikap pada kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih unggul dengan nilai rata-rata 3,5, sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 3,2. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif daripada metode yang digunakan pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata -rata postes peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 76,24 dengan hasil uji statistik sebesar t hitung > ttabel yaitu 21,99 > 19,056. Berbeda halnya dengan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata postes 70,88 dengan hasil uji statistik sebesar t hitung < ttabel yaitu 12,86 < 19,056. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, sistematika, kebahasaan, karya ilmiah, metode example non example.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:51
Last Modified: 28 Aug 2018 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35782

Actions (login required)

View Item View Item