PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DINA NURFAUZIYAH, 145030047 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
absrak indonrsia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
absrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
absrak sunda.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran membaca sebenarnya sudah diajarkan sejak dini, namun peserta didik masih saja mengalami kesulitan, apalagi dalam hal menganalisis. Hal tersebut saya ketahui setelah melakukan pembelajaran menganlisis di kelas X SMA Pasundan Bandung ketika melakukan Praktik Pengalaman Lapangan. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan model Reciprocal Learning. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksankan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi dengan menggunakan model Reciprocal Learning pada peserta didik kelas X SMA PAsundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8. Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali (A). 2) Peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung mampu menganalisis aspek makna dalam teks biografi. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pretes sebesar 41,04 dan nilai rata-rata postes sebesar 69,81, peningkatannya sebesar 28,77. 3) Model Reciprocal Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil sebesar t hitung sebesar 16,2, t tabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan db sebesar 25. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, aspek, makna, dalam, teks, biografi, Reciprocal Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Aug 2018 07:33
Last Modified: 27 Aug 2018 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35751

Actions (login required)

View Item View Item