PEMBELAJARAN MEMAHAMI ISI PUISI MELALUI PARAFRASA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AI NENI, 145030134 (2018) PEMBELAJARAN MEMAHAMI ISI PUISI MELALUI PARAFRASA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak1 sunda.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover..pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup manusia, sehingga perlu dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan, upaya tersebut ialah aspek berbahasa. Salah satu keterampilan berbahasa yaitu keterampilan membaca. Peserta didik sangat sukar dalam membaca pemahaman, terlebih dalam memahami isi puisi. Salah satu teknik yang digunakan dalam memahami isi puisi, yaitu dengan memparafrasakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memahami isi puisi melalui parafrasa dengan model problem based learning?; (2) Mampukah peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung memahami isi puisi melalui parafrasa dengan model problem based learning?; (3) Adakah perbedaan kemampuan peserta didik membuat parafrasa puisi sebelum dan sesudah diterapkan model problem based learning?; (4) Apakah model problem based learning dalam pembelajaran memahami isi puisi melalui parafrasa lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran memahami isi puisi tanpa menggunakan model problem based learning?. Sedangkan tujuannya adalah (1) mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memahami isi puisi melalui parafrasa dengan model problem based learning; (2) mengetahui kompetensi peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung dalam memahami isi puisi melalui parafrasa dengan model problem based learning; (3) mengetahui kompetensi peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung dalam membuat parafrasa puisi sebelum dan sesudah diterapkan model problem based learning; (4) mengetahui keefektifan model problem based learning dalam pembelajaran memahami isi puisi melalui parafrasa dibandingkan dengan pembelajaran memahami isi puisi tanpa menggunakan model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil pembahasan ini didapatkan dari pretest dan posttest di kelas eksperimen. Data tersebut dianalisis perhitungan statistik dengan diperoleh hasil uji-t dari kelas eksperimen yakni 18,19 ≥ 2.06 dan thitung lebih besar dari ttabel dan dari kelas kontrol yakni 10,38 ≥ 2.06. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan peserta didik dalam memahami isi puisi melalui parafrasa. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Parafrasa, Pembelajaran Memahami Isi Puisi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2018 08:56
Last Modified: 25 Aug 2018 08:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35713

Actions (login required)

View Item View Item