Nurul Novianica, 145030070 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI SUASANA, TEMA, DAN MAKNA DALAM PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODEMAKE A MATCHPADA SISWA KELAS X SMKN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
1.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
2.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
3.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 FIX.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 FIX.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 FIX.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Puisi adalah salah satu bentuk sebuah karya seni sastra yang dapat dikaji dari bermacam-macam aspeknya. Make a match adalah metode pembelajaran yang mengaitkan keaktifan dan kecepatan dalam berfikir. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Mengidentifikasi Suasana, Tema, Dan Makna Puisi Dengan Menggunakan Metode Make A Match Di Kelas X Smkn 3 Bandung”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan menggunakan metode make a match di kelas X SMKN 3 Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas X SMKN 3 Bandung dalam mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan tepat?; 3) Efektifkah metode make a matchdigunkanan dalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan ketepatan metode make a matchdalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi di kelas X SMKN 3 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian observasi, telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis data. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan menggunkan metode make a match di kelas X SMKN 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perencanaan 3,6 dan pelaksanaan3,63. 2) Siswa kelas X SMKN 3 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 mampu mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 54,96, dan nilai rata-rata postes yaitu 86,5.Jadi, ada peningkatan sebesar 31,5 atau setara dengan 84,25%. 3) Metode make a match efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi di kelas X SMKN 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic dengan hasil � ������ sebesar 9,1 > � � �� 2,34 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua yag penulis rumuskan dalam penelitian ini berhasil. Kata kunci : pembelajaran, mengidentifikasi, suasana, tema, dan makna puisi, make a match
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 02:41 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 02:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35574 |
Actions (login required)
View Item |