PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA SENI DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Zifar Alizar Rivani, 145030154 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA SENI DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER ZIFAR.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak2.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak3.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 2.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 3.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka baru.pdf

Download (81kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Teks ulasan adalah sebuah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Audiovisual adalah media pembelajaran yang mengaitkan penglihatan dan pendengaran. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi Teks Ulasan Tentang Kualitas Karya Seni Daerah Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung TahunPelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Dapatkah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi informasi teks ulasan tentang kualitas karya seni dengan menggunakan media audiovisual pada peserta didik kelas VIII SMP 3 Pasundan Bandung, 2) Dapatkah peserta didik kelas VIII SMP 3 Pasundan Bandung mengidentifikasi informasi teks ulasan tentang karya seni daerah?, 3) Efektifkah media audiovisual digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks ulasan tentang karya seni daerah pada peserta didik kelas VIII SMP 3 Pasundan Bandung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan ketepatan media audiovisual dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi Teks Ulasan Tentang Kualitas Karya Seni Daerah Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Media penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian observasi, telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis data. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi informasi teks ulasantentang kualitas karya seni daerah dengan menggunakan media audiovisual pada kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perencanaan 3,6 dan pelaksanaan 3,63. 2) Siswa kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 mampu mengidentifikasi informasi teks ulasan tentang kualitas karya seni daerah dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretesyaitu 56,68, dan nilai rata-rata postes yaitu 75,48. Jadi, ada peningkatan sebesar 18,6 atau setara dengan 75,2 %. 3) Media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks ulasan tentang kualitas karya seni daerah di kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic dengan hasil � ������ sebesar 4,1 > � � �� 2,34 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua yang penulis rumuskan dalam penelitian ini berhasil. Kata kunci : pembelajaran, mengidentifikasi informasi, teks ulasan, audiovisual

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:56
Last Modified: 21 Aug 2018 01:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35562

Actions (login required)

View Item View Item