FRILLA TAMARA PURNAMA, 145030155 (2018) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN VOKAL, EKSPRESI DAN INTONASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK FRILLA.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 mendemonstrasikan puisi merupakan keterampilan berbicara. Media Audiovisual adalah media yang bertujuan untuk memperluas keterampilan peserta didik khususnya dalam pembelajaran mendemonstrasikan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi dan intonasi. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah; Adakah perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan media audiovisual dengan peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan media audio?;Manakah yang lebih efektif antara pembelajaran mendemonstrasikan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi dan intonasi menggunakan media audiovisual sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran mendemonstrasikan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi dan intonasi menggunakan media audio sebagai kelas kontrol? Adapun hasil penelitiannya yaitu hasil analisis uji perbedaan menggunakan data hasil pretest, postest dan nilai indeks gain skor, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar pada media pembelajaran audiovisual pada kelas eksperimen dengan media pembelajaran menggunakan media audio pada kelas kontrol, hasil data pretes pada kedua kelas, pada kelas eksperimen didapatkan hasil skor minimum sebesar 58.20, selanjutnya skor maksimum sebesar 72.20, nilai to tal sebesar 1377.70 dan nilai mean sebesar 68.88 dengan standar deviasinya sebesar 4.46, selanjutnya pada kelas kontrol dapatkan hasil skor minimum sebesar 55.50, selanjutnya skor maximum sebesar 61.10, nilai total sebesar 1144.00 dan dan nilai mean sebesar 57.20 dengan standar deviasinya sebesar 1.91. Kemudian hasil data postes pada kedua kelas, pada kelas eksperimen didapatkan hasil skor minimum sebesar 77.80, selanjutnya skor maximum sebesar 86.10, nilai total sebesar 1614.10 dan nilai mean sebesar 80.70 dengan standar deviasinya sebesar 4.06, selanjutnya pada kelas kontrol dapatkan hasil skor minimum sebesar 88.90, selanjutnya skor maksimum sebesar 100, nilai total sebesar 1831 dan dan nilai mean sebesar 91.55 dengan standar deviasinya sebesar 3.18. Mengenai keefektifan media audiovisual dibuktikan dengan hasil pada kelas eksperimen sebagian besar responden pada kategori tinggi sebanyak 20 orang atau 100%, sementara pada kelas kontrol sebagian besar responden pada kategori sedang sebanyak 17 orang atau 85%. Artinya, media audiovisual lebih efektif karena mendapat respon lebih tinggi dalam pembelajaran Mendemonstrasikan Puisi dibandingkan dengan media audio. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran mendemonstrasikan puisi . Kata Kunci: Mendemonstrasikan, berbicara, puisi, media audiovisual.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 04:41 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 04:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35542 |
Actions (login required)
View Item |