Budi Santosa, 002030132 (2018) PERANAN INTERNATIONAL TELECOMUNICATION UNION MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGIES DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA UGANDA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
cover.doc Download (58kB) |
|
Text
Bab II.doc Download (111kB) |
|
Text
Bab I.doc Download (162kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (36kB) |
|
Text
ABSTRACT ENG.doc Download (23kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc Download (22kB) |
|
Text
ABSTRAK SUN.doc Download (26kB) |
|
Text
ABSTRAKSI IND.doc Download (27kB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi yang lebih dikenal dengan istilah Information Communication Technologies (ICTs) telah mengubah paradigma kehidupan dunia dengan kecenderungan globalisasi di berbagai bidangnya. Berbagai inovasi dari ICTs dengan segala kelebihan yang dimilikinya diterapkan oleh negara-negara di dunia sebagai upaya mencapai kesuksesan pembangunan. Manfaat dari ICTs telah dirasakan oleh banyak negara maju, tetapi masih terjadi kesenjangan dengan negara-negara yang masih berkembang dimana penerapan ICTs merupakan sesuatu yang mahal dan sulit, seperti Uganda. Negara ini termasuk kategori negara berkembang yang berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dengan menerapkan metode pendidikan berbasis ICTs. Kendala yang paling krusial adalah keterbatasan dana, infrastruktur, dan minimnya tenaga ahli. Untuk itu diperlukan bantuan dari pihak lain yang berkepentingan yaitu International Telecommunication Union (ITU) suatu organisasi internasional di bawah naungan PBB. Hal yang menarik perhatian penulis untuk meneliti adalah: bagaimana peranan ITU melalui program pendidikan berbasis ICTs terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia Uganda. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi ITU dalam memberikan bantuan pendidikan berbasis ICTs di Uganda, dan untuk mengetahui langkah-langkah yang telah dilakukan ITU dalam menunjang program bantuan pendidikan berbasis ICTs terhadap masyarakat Uganda, juga untuk mengetahui kontribusi ITU terhadap pendidikan berbasis ICTs di Uganda. Sebagai acuan terhadap permasalahan diatas, dikemukakan teori dan konsep dari para ahli yang dituangkan kedalam kerangka teoritis yang digunakan dalam bentuk premis mayor yang terdiri dari teori Hubungan Internasional, Organisasi Internasional, Information Communication Technologies, dan Pendidikan. Sedangkan premis minor mengenai pengembangan sumber daya manusia, perubahan paradigma pendidikan dan pendidikan di Uganda. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif analitis yang penulis terapkan untuk menggambarkan secara rinci fenomena penerapan ICTs terutama pada sistem pendidikan di Uganda dan peran serta ITU di dalamnya sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sebagai kesimpulan yang penulis dapatkan dari penelitian ini adalah: Peranan ITU dalam upaya penerapan ICTs dalanm sektor pendidikan di Uganda sangat penting. Pendirian Multipurpose Community Telecentre (MCT) di daerah-daerah terpencil dan juga instalasi jaringan telekomunikasi internet dan telepon di hampir semua sekolah di wilayah Uganda secara meyakinkan meningkatkan kualitas pendidikan yang berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Uganda. Kata Kunci: ITU, ICTs, sumber daya manusia Uganda
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 02:01 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 02:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35414 |
Actions (login required)
View Item |