“PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BANDUNG KOPO”

Riska Nadyasari Yuliyanti, 104010308 (2016) “PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BANDUNG KOPO”. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Customer Relationship Marketing menekankan pada pembentukan dan pemeliharaan hubungan jangka panjang dan menguntungkan dengan para konsumen. Customer relationship marketing mengembangkan proses kehatihatian mengelola informasi secara rinci tentang pelanggan dengan menitikberatkan untuk memaksimalkan loyalitas, begitupun dengan trust, dapat secara langsung mendorong kearah sikap yang lebih positif (kepuasan pelanggan), yang pada gilirannya mempengaruhi niat melakukan pembelian ulang (kesetiaan pelanggan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi nasabah terhadap customer relationship marketing pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Bandung Kopo, persepsi nasabah terhadap trust pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Bandung Kopo, persepsi nasabah terhadap loyalitas pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Bandung Kopo, dan besarnya pengaruh customer relationship marketing dan trust terhadap loyalitas pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Bandung Kopo baik secara simultan dan parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.549 nasabah PT Bank Syariah Mandiri KC Bandung Kopo, dengan menggunakan metode Solvin dengan tingkat kesalahan 10% didapat jumlah sampel adalah 98 responden. Teknik sampling yang digunakan dengan incidnetal sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan menyebarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, uji F, uji T, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis korelasi berganda diketahui bahwa nilai R (koefisien korelasi) adalah sebesar 0,769 yang berarti customer relationship marketing dan trust memiliki tingkat hubungan kuat terhadap loyalitas. Berdasarkan analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa customer relationship marketing dan trust memberikan kontribusi terhadap loyalitas sebesar 59,2% sedangkan sisanya 40,8% merupakan pengaruh dari variabel yang tidak diteliti. Customer relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas sebanyak 50,075% dan trust berpengaruh terhadap loyalitas sebanyak 9,191%. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh customer relationship marketing dan trust terhadap loyalitas baik secara simultan maupun parsial. Kata Kunci : customer relationship marketing, trust dan loyalitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2010
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 14 Apr 2016 08:43
Last Modified: 14 Apr 2016 08:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3515

Actions (login required)

View Item View Item